Jumat, 07 April 2017

Ibadah yang Sering Dilakukan Pada Bulan Puasa/Ramadhan

Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para umat muslim di dunia, karena pada
bulan tersebut biasanya sebagian besar umat muslim lebih khusyuk untuk beribadah untuk lebih
mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.
Selain itu pada bulan puasa atau yang sering disebut bulan suci ramadhan, merupakan ladang untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya serta menghapus dosa yang telah lalu, hal tersebut sesuai dengan firman ALLAH SWT yang terdapat pada Al-Qur’an.
Tidak usah panjang lebar berikut merupakan Ibadah yang Sering Dilakukan Pada BulanPuasa/Ramadhan baik itu ibadah mahdhoh dan ghoiru mahdoh

Sholat Tarawih
Ya istilah sholat tarawih hanya ada dibulan puasa, pada bulan selain puasa sholat ini lebih dikenal dengan sholat la’il atau sholat malam. Adapun untuk jumlah rakaat sholat pada sholat tarawih tergantung keyakinan masing-masing asal ada dalil dan meyakini dalil tersebut benar, mungkin ada yang 11, 23 dan lain-lain.

http://www.eksis.info/2017/04/ibadah-yang-sering-dilakukan-pada-bulan.html
sumber gambar: https://belajarislam.com

Sholat Dhuha
Bagi sebagian besar orang melakukan sholat dhuha pada hari biasa merupakan hal yang sulit dilakukan, akan tetapi pada saat bulan puasa hal tersebut merupakan kegiatan yang biasa dilakukan. Biasanya sholat dhuha dilakukan sembari menunggu waktu/jam kerja atau bahkan disaat di tempat kerja.

Tadarus
Tadarus merupakan kegiatan membaca Al-Qur’an baik itu dilakukan secar bersama-sama maupun sendirian. Kebanyakan tadarus ini dilakukan setelah sholat terutama sholat tarawih, sholat subuh, sholat dhuhur dan sholat ashar.

Infaq dan sedekah
Ini merupakan kegiatan sosial dimana untuk infaq biasanya diberikan ke lembaga, seperti halnya masjid, panti, yayasan sosial dan lainnya. Sedangkan untuk sedekah biasanya diberikan langsung ke pihak/personal yang membutuhkan, diantaranya fakir miskin, yatim piatu,  musafir serta pihak lain yang membutuhkan. Infaq dan sedekah merupakan Ibadah yang SeringDilakukan Pada Bulan Puasa/Ramadhan

Zakat
Untuk zakat pada hakikatnya hampir sama dengan infaq dan sedekah, akan tetapi bedanya kalau zakat besarannya sudah ditentukan berdasar Al-Qur’an dan Hadist. Zakat dibagi 2 yakni zakat fitrah (wajib bagi semua orang yang mampu) dan zakat mal (diwajibkan bagi orang yang memiliki penghasilan tertentu). Untuk zakat fitrah memiliki besaran 2,5 kg beras atau bila diganti yang lain harus setara nilainya, sementara untuk zakat mal untuk penghasilan dikenai 2,5% dari penghasilan bersih, sementara untuk zakat mal yang lainnya mengikuti ketentuan sesuai Al-Qur’an dan Hadist (akan dibahas lain waktu).

Demikian merupakan Ibadahyang Sering Dilakukan Pada Bulan Puasa/Ramadhan semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar