Jumat, 31 Maret 2017

Puasa Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal berapa? Awal penetapan hari puasa bulan ramadhan khususnya di tanah air kita indonesia, yg harus kita ketahui terlebih dulu adalah bahwa penetapan awal
puasa Ramadhan ini biasanya dengan memakai dua metode; metode hisab (hisab berasal dari kata bahasa arab yang artinya : menghitung atau perhitungan) dan metode ru’yatul hilal (ru’yah berasal dari kata bahasa arab yang maknanya : melihat). Utk metode hisab, biasa dipakai atau digunakan oleh kebanyakan warga organisasi Muhammadiyah, adapun utk metode ru’yatul hilal, motede ini biasa dipakai oleh pemerintah kita & kebanyakan warga NU.
Puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal berapa

Terkait dengan perbedaan 2 metode tadi, perbedaannya hanya dari metode perhitungan derajat-nya.

Baca Juga Empat Jenis Aktifitas Yang Baik Dilakukan  Saat Berpuasa 

Coba sekarang kita telisik lebih jauh terkait dengan sejarah 2 organisasi Islam terbesar di tanah air kita Indonesia, yang pertama adalah sejarah organisasi yang bernama Nahdhatul Ulama’ atau disingkat dengan NU, organisasi ini bergerak pada lingkup pendidikan, bidang sosial sosial & bidang ekonomi, NU didirikan pada tgl 31 bulan Januari tahun 1926.

Adapun organisasi Islam Muhammadiyah di dirikan pda tgl 18 bulan November tahun 1912 olh seorang tokoh islam yg bernama : Muhammad Darwis yang lebih dikenal dengan nama KH.Ahmad Dahlan, 2 organisasi ini adalah ormas islam besar di Indonesia.

Puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal berapa menurut NU dan Muhammadiyah?

Sebelumnya, oraganisasi Muhamadiyah telah menentukan awal puasa bulan Ramadhan tahun 2017 ini akan jatuh pda hari Sabtu tgl 27 bulan mei untuk tahun 2017 ini. Seluruh kaum muslim dunia terkhusus indonesia tentu sangat mengharapkan jika awal puasa ramadhan tahun 2017 sekarang ini kita semua bisa sama, supaya seluruh umat islam yg berada diseantro dunia terkhusus di tanah air kita Indonesia bisa menunaikan ibadah shaum/puasa ramadhan dengan bersamaan.

Oleh karena itu, MUI (Majelis Ulama Indonesia) tentu bakal mengadakan semacam sidang isbat utk penentuan awal shiam/puasa bulan ramadhan kemungkinan pda tgl 27 bulan Mei tahun 2017 atau tgl 1 bulan Ramadhan tahun 1438 H. Jadi, alangkah bagusnya kita semua tunggu aja & kita lihat kabar sebenarnya dri media TV/televisi terkait dengan penetapan/isbat awal shiam/puasa bulan Ramadhan 2017 ini.

Bagaimana Sebenarnya Penetapan Awal Bulan Ramadhan?

Ummat Islam di perintahkan oleh Allah utk mengikuti & mencontoh baginda Rasulullah -shallallahu‘alaihiwasallam- dlm seluruh syariatnya. Begitu pula halnya yg berkaitan dgn penentuan/isbat ibadah besar semisal puasa bulan Ramadhan, juga hari raya Idul Fithri & Haji. Dari itu, Rasulullah -shallallahu‘alaihiwasallam- secara lugas dan tegas telah mengajarkan terkait cara dan metode penentuannya dgn ru’yat hilal / melihat langsung hilal dgn mata & jika terhalang oleh mendung ataupun yg sejenisnya, maka dgn cara yaitu yang disebut ikmal ( menyempurnakan jumlah hari bulan sya’ban menjadi 30 hari) utk Ramadhan ataupun Ramadhan disempurnakan jadi 30 hari utk menetapkan tanggal 1 Syawal (idul fitri).

Demikian itulah contoh & ajaran junjungan kita Rasulullah -shallallahu‘alaihiwasallam- dlm permasalahan yang penting ini, maka hukum berpuasa bulan Ramadhan & berbuka dri bulan Ramadhan sangat bergantung pada ru’yah hilal / terlihatnya hilal atau tidak. Tak berpuasa kecuali dgn melihatnya & tak berbuka dri Ramadhan kecuali dgn melihatnya secara langsung & seandainya melihat dgn alat berupa teropong & alat-alat yg bisa memperjelas penglihatan, maka seperti ini di anggap sbg penglihatan dgn mata juga.

Ru’yah / melihat hilal-lah yg jadi dasar syarie dlm hukum atau penetapan puasa & Idul Fithri ini. Adapun metode hisab tak bisa di jadikan dalil / sandaran dlm penentuan awal puasa menurut syariat.

Jika perbedaan penentuan awal Ramadhan toh juga mengalami perbedaan maka hendaknya ditanggapi dengan bijak dan tak menjadi penyebab permusuhan dan perpecahan yang menjadi pendorong untuk bersikap anarkis.

Karena tanah air Indonesia ialah salah satu dari negara dgn penduduk muslim terbesar di dunia. Jadi bila terjadi permusuhan, perpecahan dan kerusuhan maka tak hanya sector unit usaha & bisnis yg terganggung namun juga sektor wisata bakal terganggu. Sebab kita harus ketahui juga bahwa di saat puasa & lebaran bakal banyak orang yg berwisata. Dapat di bayangkan hotel2 murah bakal sepi penginap dan visitor, tempat2 wisata akan sepi pengunjung. Juga tiket pesawat, juga tiket kereta, juga tiket kapal, begitu pula rental mobil, bisnis sewa mobil & diskon-diskon wisata bakal sepi pembeli dan peminat serta berbagai dampak lainnya akan dirasakan oleh setiap rakyat jika terjadi hal-hal yang tak di inginkan tersebut.

Untuk menambah informasi lain terkait dengan Puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal berapa, inilah info Utk Awal Puasa bulan Ramadhan (-) di Tahun Yg Akan Datang silahkan anda lihat di bawah ini:

Awal Puasa Ramadhan Ormas Muhammadiyah (#) NU (^) Pemerintah Kemenag RI (@)1 Ramadhan 1439 / 2018 M

Awal Puasa (#): hari Rabu, tanggal 16 Mei 2018 M

Awal Puasa (^): hari Kamis, tanggal 17 Mei 2018 M

Awal Puasa (@) (melakukan Sidang Isbat) >> hari Kamis, tanggal 17 Mei 2018

Awal Puasa Ormas Muhammadiyah ( # ) NU ( ^ ) Pemerintah Kemenag RI ( @ ) 1 Ramadhan 1440 H / 2019 M

Awal Puasa ( # ) : hari Senin, tanggal 6 Mei 2019 M

Awal Puasa ( ^ ) : hari Senin, tanggal 6 Mei 2019 M

Awal Puasa ( @ ) ( melaksanakan Sidang Isbat ): hari Senin, tanggal 6 Mei 2019 M

Awal Puasa Ormas Muhammadiyah ( # ) NU ( ^ ) Pemerintah ( @ ) Kemenag RI 1 Ramadlhan 1441 H / 2020 M

Awal Puasa ( # ) : hari Jum'at, tanggal 24 April 2020 M

Awal Puasa ( ^ ) : hari Jum'at, tanggal 24 April 2020 M

Awal Puasa ( @ ) ( mengadakan Sidang Isbat ) : hari Jum'at, tanggal 24 April 2020 M

Awal Puasa Organisasi Muhammadiyah ( # ) NU ( ^ ) Pemerintah ( @ ) Kemenag Republik Indonesia 1 Ramadlhan 1442 H / 2021 M

Awal Puasa ( # ) : hari Selasa, tanggal 13 April 2021 M

Awal Puasa ( ^ ) : hari Selasa, tanggal 13 April 2021 M

Awal Puasa ( @ ) ( melaksanakan Sidang Isbat ) : hari Selasa, tanggal 13 April 2021 M

Awal Puasa Muhammadiyah ( # ) NU ( ^ ) Pemerintah ( @ ) 1 Ramadhan 1443 H / 2022 M

Awal Puasa ( # ) : hari Sabtu, tanggal 2 April 2022 M

Awal Puasa ( ^ ) : hari Sabtu, tanggal 2 April 2022 M

Awal Puasa ( @ ) ( melakukan Sidang Isbat ) : hari Sabtu, tanggal 2 April 2022 M

Awal Puasa Muhammadiyah ( # ) NU ( ^ ) Pemerintah ( @ ) 1 Ramadlhan 1444 H / 2023 M

Awal Puasa ( # ) : hari Kamis, tanggal 23 Maret 2023 M

Awal Puasa ( ^ ) : hari Kamis, tanggal 23 Maret 2023 M

Awal Puasa ( @ ) ( melaksanakan Sidang Isbat ) : hari Kamis, tanggal 23 Maret 2023 M

Awal Puasa Muhammadiyah ( # ) NU ( ^ ) Pemerintah ( @ ) Kementrian Agama RI 1 Ramadlhan 1445 H / 2024 M

Awal Puasa ( # ) : hari Senin, tanggal 11 Maret 2024 M

Awal Puasa ( ^ ) : hari Selasa, tanggal 12 Maret 2024 M

Awal Puasa ( @ ) ( Melaksanakan Sidang Isbat ) : hari Selasa, tanggal 12 Maret 2024 M

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang Puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal berapa, namun sebagaimana kami singgung bahwa data di atas hanya sekedar perkiraan saja, kita tunggu pengumuman dari pemerintah kita secara resmi untuk penetapan awal bulan ramadhan tahun ini dan pada tahun-tahun yang akan datang.
Load disqus comments

0 komentar